Cara Mempercepat Koneksi Agar Tidak Lag


Jaringan atau koneksi internet merupakan hal yang hampir tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, terutama pengguna smartphone. Baik untuk bekerja, untuk sekolah atau mungkin hanya untuk bersenang-senang dan alasan-alasan lainnya. Koneksi atau jaringan internet sangat dibutuhkan untuk menjalankan smartphone. 

Apa jadinya jika smartphone tidak memiliki koneksi atau jaringan internet? Apalagi kalau smartphone mewah dan mahal. Bisa-bisa diledekin temen kamu tuh. Berbicara tentang koneksi atau jaringan internet pasti tidak akan lepas dari yang namanya kecepatan internet. 

Nah, sering kali koneksi atau jaringan internet jadi lemot dan lag karena kecepatan internet down atau rendah. Aktivitas seperti streaming video, download atau main game jadi terganggu, bukan? 

Tapi tenang! Karena aku bakal kasi tau kamu info Cara Mempercepat Koneksi Agar Tidak Lag yang mungkin dapat kamu coba untuk mengatasi masalah koneksi kamu. Berikut penjelasannya.

1) Hapus Background Apps

Untuk meningkatkan kecepatan internet handphone kamu, kamu bisa menghapus background apps. Coba untuk tidak menjalankan aplikasi dalam jumlah banyak sekaligus karena dapat membuat koneksi kamu jadi terbagi. 

Akibatnya kamu akan merasakan lag, terutama saat melakukan aktivitas yang membutuhkan koneksi internet yang lebih fokus seperti main game, streaming video atau download. Selain membuat lag, hal ini juga dapat mengakibatkan RAM handphone kamu jadi full dan akhirnya terasa berat dan lag.

2) Aktifkan fitur 4G

Untuk beberapa model handphone ada pengaturan yang membebaskan kamu untuk menggunakan 4G atau membatasi koneksi internet hingga 3G saja. Nah, sebagian dari kamu mungkin ada yang menonaktifkan fitur 4G ini dengan alasan menghemat kuota. 

Seperti yang aku bilang diatas, jika kamu menonaktifkan fitur ini maka kecepatan internet kamu akan dibatasi hingga 3G saja. Maka dari itu aktifkanlah fitur ini agar kecepatan internet kamu lebih cepat dari sebelumnya.

3) Pilih kartu paket yang tepat

Percaya atau tidak hal ini dapat mempengaruhi kecepatan internet kamu. Untuk itu, Sesuaikan kartu yang akan kamu gunakan. Bukan dengan handphone kamu melainkan dengan daerah tempat tinggal kamu. 

Karena ada beberapa kartu yang lelet jika digunakan didaerah tententu namun kencang jika digunakan didaerah lain. Kamu bisa menanyakan hal ini ke konter-konter pulsa atau kartu paket kartu apa yang kencang didaerah kamu.

4) Cari posisi terbaik 

Jika 2 cara diatas hanya untuk kamu yang menggunakan kartu, maka untuk cara ini kamu yang menggunakan WiFi juga dapat melakukannya.  Mencari posisi terbaik mungkin terdengar sepele namun sebenarnya hal ini cukup berhasil, Apalagi pas main game. 

Kamu bisa mencari posisi dimana akan mendapat sinyal penuh. Mungkin dengan mengarahkan handphone kamu kearah jendela atau kamu bisa coba sedikit merapat ke WiFi pembunuh kesepian kamu untuk mendapat koneksi yang lebih baik.

5) Nonaktifkan fitur Hemat Baterai

Sebagian dari kamu mungkin sering atau bahkan selalu mengaktifkan fitur ini agar beraktivitas seperti bermain game menjadi lebih lama. Namun, taukah kamu bahwa fitur ini akan membuat koneksi internet kamu jadi tidak optimal dengan cara membatasi kecepatan internet. 

Tentunya hal ini dilakukan sesuai dengan namanya yaitu untuk menghemat daya baterai handaphone kamu. Jadi, lebih baik nonaktifkan fitur ini saat akan menjalankan aktivitas yang membutuhkan koneksi internet yang kencang. 


Baca Juga:
2 Cara Menghapus File Cache 
Cara Mengatasi Notifikasi yang Muncul di Layar Handphone 
Apa Itu File Cache


6)Bantuan aplikasi

Untuk mengatasi koneksi internet yang lelet, lag, dsb.Kamu bisa mencoba mendownload aplikasi-aplikasi seperti
  • Signal booster
  • Penstabil sinyal
  • dll
Yang mana terdapat beragam pilihan yang dapat kamu download di Playstore dan tentunya secara gratis.

7) Aktifkan fitur boost yang tersedia didalam game

Jika kamu bertujuan untuk mengatasi lag untuk bermain game, mungkin cara ini bisa membantu kamu. Salah satu game moba yang sangat populer memiliki fitur seperti ini didalam pengaturannya, yaitu fitur speed mode. 

Tidak ada salahnya kamu coba untuk menjelajah kedalam menu pengaturan game yang kamu mainkan. Mungkin saja game yang kamu mainkan ternyata juga memiliki fitur seperti speed mode ini juga. 

Kamu bisa mengaktifkan fitur ini agar kecepatan internet kamu menjadi lebih stabil dan juga kencang saat bermain game tersebut. Namun tentunya fitur ini akan menguras kuota dan baterai kamu lebih banyak dari sebelumnya.

Nah, Sebelum kamu mencoba semua cara-cara diatas ada baiknya jika kamu indentifikasi dulu penyebab lag yang kamu alami. Apabila lag yang kamu alami karena faktor koneksi internet, mungkin kamu bisa coba cara-cara diatas. 

Namun, jika lag yang kamu alami karena spesifikasi handphone kamu yang pas-pasan, mungkin kamu bisa coba baca artikel Cara Mengatasi Lag saat Main Game ini. Atau kamu bisa mencoba semua cara-cara yang ada pada kedua artikel agar pengalaman bermain game menjadi lebih mantab.

Semoga bermanfaat! Mohon maaf apabila ada kesalahan kata atau penyampaian dan jangan lupa share artikel ini ke FB dan sosial media lainnya! 

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengimport Video berformat mkv di Vegas

Cara Mengatasi Popup dihandphone