Cara Mengatasi Lag Saat Main Game


Game merupakan suatu hal yang sudah sangat melekat dalam kehidupan manusia. Yang memainkannya juga tidak tanggung-tanggung. Selain anak-anak dan remaja, Orang dewasa juga tidak terlepas dari hal yang satu ini. 

Dalam bermain game tentunya ada banyak kesenangan yang dapat diambil. Namun, ada kalanya tiba-tiba masalah muncul saat sedang asik bermain game. Salah satunya yaitu lag. Nah, untuk mengatasi hal itu  kamu hanya perlu membaca artikel ini hingga selesai. Tanpa berlama-lama lagi, yuk kita bahas.

1) Rata Kiri
Yup! Rata kiri merupakan bahasa kerennya dari All Setting Low Graphic. Kamu bisa melakukan hal ini untuk mengatasi lag saat kamu bermain game. 

Karena jika kamu menggunakan rata tengah (All Setting Medium Graphic) atau bahkan rata kanan (All Setting Max/High/Ultra Graphic), akan mengakibatkan lag saat kamu bermain game jika spesifikasi handphone kamu tidak memadai. Semakin tinggi grafik yang kamu gunakan tentu membutuhkan spesifiksi yang lebih tinggi juga. 

Untuk itu, gunakan rata kiri demi kenyamanan bermain kamu. Namun hal ini tidak gratis lo ya.. Kamu harus membayar kenyamanan yang kamu peroleh dengan tampilan game yang rendah atau bahkan jelek banget haha..  

Ya ini lebih baik daripada tampilan game yang mewah-mewah manja tapi kayak kena gempa 7 hari 7 malam patah-patah ga karuan. Nah, Untuk mengubahnya kamu cukup :
  • Jalankan game kamu
  • Kemudian masuk ke pengaturan
  • Cari setting grafik , biasanya di halaman Video/Game
  • Ubah settingnya menjadi low semua

2) Kosongkan RAM
RAM itu seperti jalan raya dan aplikasi itu seperti kendaraan. Semakin banyak kendaraan yang menggunakan jalan tersebut tentunya jalan tersebut jadi padat. Coba bayangkan kamu berkendara dijalan yang sepi dengan kamu berkendara dijalan yang padat atau bahkan macet. Lebih lancar dijalan yang sepi, bukan? 

Nah, Karena itu kosongkan RAM handphone kamu saat ingin bermain game agar game kamu nginjek gas terus enggak ngerem-ngerem. Untuk mengosongkan RAM kamu hanya perlu menutup semua aplikasi dengan cara:
  • Tekan tombol Menu (disebelah tombol Home)
  • Lalu pilih Hapus Semua
Terus chat aku gimana?  Yaelah kayak kamu ada yang ngechat aja. Lagian chat itu bisa mengganggu saat main game lo. Apalagi kalo sampe popupnya muncul pas lagi war atau berhadapan dengan musuh. Haduhh, maka dari itu baca juga artikel Cara Mengatasi Notifikasi yang Muncul di Layar Handphone yang udah aku tulis ini.

3) Bersihkan Cache
Sebelum membersihkan file cache handphone kamu, aku mau nanya. Kamu tau apa itu file cache? Kalo kamu ga tau nih baca artikel Apa Itu File Cache? yang udah aku buat. Jangan sampe udah bertahun-tahun megang handphone tapi ga tau arti file cache. 

Nah, file cache apabila sudah menumpuk terlalu banyak bisa mengakibatkan lag bukan hanya saat bermain game saja, tapi juga saat menjalankan aplikasi lainnya. Nah, untuk menghapus file cache kamu bisa ikuti langkah berikut:
  • Pergi ke pengaturan handphone kamu
  • Kemudian pilih "Apps"

  • Lalu pilih aplikasi yang ingin kamu hapus file cachenya.
  • Setelah itu pilih "Clear Cache"


Kamu bisa memilih aplikasi yang sering kamu gunakan saja karena file cachenya udah pasti lebih besar daripada aplikasi yang jarang kamu gunakan.

Baca Juga:
2 Cara Membersihkan File Cache 
Cara Simpel dan Praktis Mengganti Password Wifi Indihome



4) Hapus Aplikasi yang Enggak Berguna
Hapus aplikasi yang enggak berguna atau sangat jarang kamu gunakan agar ruang penyimpanan handphone kamu jadi lebih besar. Ruang penyimpanan yang sempit dapat mengganggu performa handphone kamu saat bermain game. 

Pastikan handphone kamu memiliki ruang penyimpanan yang lega. Untuk itu, rutinlah mengecek aplikasi-aplikasi yang telah kamu install. Gak ada aplikasi yang bisa di uninstall? Coba hapus foto-foto selfie kamu yang alay agar ruang penyimpanan handphone kamu jadi lega karena bisa jadi handphone kamu udah risih melihat foto itu. 

Oh iya, satu pesan aku ke kamu. jangan ngalahin cewek dalam hal jumlah foto selfie, oke? Nah, untuk menguninstall aplikasi kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut:
  • Pergi ke pengaturan handphone kamu
  • Lalu pilih "Apps"

  • Pilih aplikasi yang ingin kamu Uninstall 
  • Lalu tekan "Uninstall"


5) Gunakan Game Booster
Yap! Gunakan game booster untuk mengurangi lag saat bermain game. Ada banyak game booster yang dapat kamu download secara gratis di Playstore. Game booster dapat membantu kamu untuk mengoptimalkan RAM agar kamu semakin nyaman dalam bermain game.

Nah, Sebelum kamu mencoba semua cara-cara diatas ada baiknya jika kamu indentifikasi dulu penyebab lag yang kamu alami. Apabila lag yang kamu alami karena faktor spesifikasi handpone kamu yang pas-pasan mungkin kamu bisa coba cara-cara diatas. 

Namun, jika lag yang kamu alami karena koneksi internet mungkin kamu bisa coba baca artikel Cara Mempercepat Koneksi Agar Tidak Lag ini. Atau kamu bisa mencoba semua cara-cara yang ada pada kedua artikel agar pengalaman bermain game menjadi lebih mantab.

Semoga bermanfaat! Mohon maaf apabila ada kesalahan kata atau penyampaian dan jangan lupa share artikel ini ke FB dan sosial media lainnya!

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengimport Video berformat mkv di Vegas

Cara Mempercepat Koneksi Agar Tidak Lag

Cara Mengatasi Popup dihandphone